Rabu, 25 Februari 2015

FAIDAH SURAT FATIHAH

Al Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya sebagai petunjuk bagi kehidupan umat manusia, juga sebagai mukjizat terbesar Rasulullah SAW yang akan terawat kemurniannya sampai hari kiamat tiba.



Al Qur’an akan memberikan ketenangan jiwa bagi siapa  saja yang sudi untuk membaca dan memahami makna yang terkandung di dalamnya.
Al Quran menyimpan berjuta-juta rahasia di setiap huruf dan kalimat-kalimatnya, keindahan kata dan susunan sastra yang tiada tandingannya merupakan salah satu daya tarik tertentu bagi Al Qur’an, disamping itu pula Al Qur’an tidak akan pernah bosan untuk dibaca dan didengarkan meskipun kita membacanya berkali-kali, dan hal itu merupakan bukti kebenaran Al Qur’an bahwa Al Qur’an turun dari Sang Rahman.
Al Qur’an juga kerap kali digunakan manusia untuk mengobati segala penyakit, bahkan penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan alternative lain, karena memang Al Qur’an adalah obat bagi siapa saja yang ingin untuk mempercayai Al Qur’an dan mengamalkannya dengan ikhlas dalam hati, begitupun surat-surat yang ada  di dalamnya, salah satunya adalah surat Al Fatihah.
Berikut beberapa faedah yang terdapat dalam surat Al Fatihah.
  1. Al Fatihah adalah surat yang hanya diberikan kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya dan tidak diberikan kepada umat dan Nabi Nabi seblum Beliau
Dalam Shahih Muslim dari Ibnu Abbas beliau berkata : “Tatkala malaikat Jibril AS, duduk di sisi Rasulullah SAW ia (Jibril AS) mendengar suara dari atasnya lalu Ia mengangkat kepalanya dan berkata : “Ini adalah pintu di langit dibuka, tidak dibuka sama sekali kecuali hari ini, lalu turunlah malaikat malaikat darinya, lalu Ia berkata malaikat malaikat itu turun ke bumi, tidak turun sama sekali kecuali hari ini, lalu Jibril memberi salam dan berkata bahagialah dengan dua cahaya yang diberikan kepadaMu Muhammad, yang tidak pernah diberikan kepada Nabi sebelum kamu,Fatihah Al qur’an dan akhir surat Al Baqarah, yang tidak membaca sehurufpun darinya kecuali diganjar”
  1. Sebagai obat dari bisa atau racun
Diriwayatkan oleh Druquthni, Abu Daud dan Turmudzi dari Said Al Khudri Ia berkata : “Rosulullah Mengutus kami dalam sebuah perang tiga puluh orang berkendara lalu kami turun di sebuah kaum Arab lalu kami bertamu pada mereka tetapi mereka menolak, kemudian salah satu dari kaum itu tersengat kalajengking, lalu mereka datang kepada kita dan berkata “apakah ada salah satu dari kalian yang bisa mengobati orang yang tersengat kalajengking?”, Abu Said berkata “ya, saya, akan tetapi kami tidak akan berbuat sesuatu sampai kalian memeberi kami sesuatu, mereka berkata “kami akan memberi kalian 30 kambing”, lalu Abu Said membaca Al Fatihah tujuh kali”.
Orang itupun sembuh .
  1. Aman dari segala sesuatu
Rasulullah SAW bersabda “barang siapa membaca Alfatihah, surat Al Ikhlas, dan Muawwadzatain sebelum tidur, niscaya ia akan selamat dari apapun kecuali dari kematian”
  1. Menjadi obat dari segala penyakit
Rasulullah SAW bersabda “Ummul Qur’an (Al Fatihah) adalah obat dari segala penyakit”.
  1. Ibnu Abbas RA berkata “Hasan Bin Ali RA pernah sakit lalu Rasulullah SAW menjadi sedih, lalu Allah swt mewahyukan pada Rasullulah SAW untuk membacakan surat yang tidak ada huruf Fa’nya karena sesungguhnya Fa’ adalah penyakit pada air sebanyak 40 kali dan membasuhkannya di tangan, kaki, wajah, kepala, luar dan dalam badanny, karena sesungguhnya Allah menyembuhkannya dari segala penyakit”.
  2. Mengobati sakit mata dan penyakit lainnya.
Sebagian orang shaleh berkata “ barang siapa yang meletakkan tangannya di tempat yang sakit dan membaca Al fatihah disertai doa اللهم اذهب عني سوء ما اجد وفحشه بدعوة نبيك الامين المكين عندك  tujuh kali maka akan sembuh”.

Berikut yang dapat saya sebutkan berdasarkan yang say abaca dari kitab ”Fadhailul Al Suwar” yang sebenarnya masih banyak fadhilah fadhilah yang lain semoga bermanfaat bagi anda semua amin

0 komentar:

Posting Komentar

 
Komunitas Santri Robithatul Islam Krejengan