Selasa, 17 Februari 2015

HIKMAH BERSEDEKAH

Bersedekah adalah pekerjaan yang amat baik nilainya di sisi Allah dan manusia, namun hal itu terkadang agak sulit dilakukan oleh manusia, dikarenakan orang yang enggan bersedekah perhitungannya adalah untuk rugi.

Ketauilah bersedekah sangatlah banyak sekali keuntungannya diantaranya ;
  1. Bisa menyembuhkan segala penyakit dengan sedekah
Sebuah kisah dari Lumajang yang mana disana terdapatlah seorang China Muslim yang gemar bersedekah, membangunkan masjid besar dan megah di daerahnya yaitu Haji Shing, sampai sampai sakitpun menghampiri Haji Shing sang China muslim itu, dan ternyata di waktu beliau sakit Haji Shing tidak lantas memanggil dokter untuk mengobati sakitnya itu, namun beliau memanggil para pekerjanya untuk memberikan berton-ton beras kepada faqir miskin yang membutuhkan, dan beliaupun sembuh dari sakitnya. (Sumber ; KH. Abdullah Sattar Lumajang)
  1. Kaya dengan sedekah
Sebuah kisah dari Kediri sebagai kota yang kita kenal dengan tempat produksi rokok terkenal di Indonesia (Gudang Garam), yang menurut kisah didirikan oleh seorang China kecil yang awalnya hanya berjualan rokok keliling  dengan menggunakan gerobak kecil, namun setiap China itu pulang dari berjualan dia soan kepada Al mukarrom KH Ma’sum Lirboyo dan meminta berkah lewat perantara beliau, setelah beberapa tahun ternyata si China pun bisa mendirikan pabrik sebesar Gudang Garam yang kita kenal saat ini. Sungguh kisah yang sangat mengagumkan dimana seorang China non muslim bisa percaya akan keagungan dan keuntungan bersedekah, apalagi kita sebagai umat Islam, sepatutnyalah kita harus rajin bersedekah. (K. Ahmad Hafidz Bisyri, Krejengan Probolinggo)
  1. Berilmu dengan bersedekah
Sebuah kisah dari Imam Halwani dimana sang ayah adalah seorang yang sangat faqir yang hanya berjualan manisan untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya, namun ayah beliau rajin berkunjung kepada orang alim untuk meminta doa para alim agar anaknya bisa menjadi orang saleh, alim dan berbakti kepada orang tua, dan hal itu berbuahkan hasil yang sangat mengagumkan dimana sampai sekarang Imam Halwani manjadi salah satu Imam yang sangat dikenal di dunia Islam. (Taklimul Mutaallim)
Itulah beberapa hal dan kisah tentang keagungan sedekah yang sebenarnya masih banyak hal lagi yang belum tersebutkan, oleh karena itu marilah selalu bersedekah demi kebahagiaan dunia dan akhirat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Komunitas Santri Robithatul Islam Krejengan