Jumat, 24 April 2015

BERKARYA DAN BERSASTRA (GORESKAN, GARISKAN, TULISKAN, DAN TULUSKAN)

menulis adalah kegiatan menyebarkan ide dan pengetahuan penulis, memberikan sesuatu berharga bagi orang lain lewat menulis adalah salah satu kegiatan mulia yang dianjurkan. Banyak ide-ide keagamaan bisa tersebar luas di dunia ini karena menulis, dan umat manusia membaca tulisan itu.
salah satu nama kitab suci Al Quran adalah Al Kitab yang berarti "tulisan", dan ini menunjukkan bahwa sebagai umat Islam kita harus giat menulis demi kemajuan dan masa depan Islam itu sendiri, memperkenalkan Islam ke mata dunia, meski Islam adalah satu satunya agama yang setiap negara di dunia ini memiliki pemeluk agama ini.

source : http://menuliskreatif.com/wp-content/uploads/2013/11/writing-articles.jpg
Imam Syafi'i, Hanbali, Hanafi, dan Maliki serta imam-imam lain yang ide-idenya kita kenal lewat tulisannya. Mereka berhasil mengubah dunia kelam menjadi terang berkat buah tangan dan kegigihan mereka dalam menggoreskan idenya di atas kertas dan berbuah kebaikan indah, sehingga mereka dikenal dunia bukan sekedar manusia biasa, tetapi menjadi panduan hukum dan rujukan insan.
Pada masa sekarang kegiatan menulis bukanlah hal yang sulit, mengingat banyak sekali penerbit yang siap menerbitkan karya-karya spektakuler untuk dibaca umat manusia. Banyak sekali umat manusia yang sudah meluangkan waktunya untuk menulis kata perkata dan menjadikannya buku yang bermanfaat.
Satu kunci untuk kesuksesan dalam menulis adalah membaca, maka dari itu Al Quran sebagai pedoman umat Islam seluruh alam diawali dengan surat Al Fatihah kemudian surat Al Baqarah yang di awal suratnya di awali dengan kata "ذلك الكتاب لا ريب فيه هدى للمتقين" kata Al kitabu merupakan bukti bahwa menulis atau tulisan akan menjadi petunjuk bagi sekian umat manusia. Surat Al quran yang pertama turun adalah Al Alaq yang diawali dengan kalimat iqra' yang berarti bacalah. Korelasinya adalah bahwa membaca dan menulis adalah dua pasangan yang tidak bisa dipisahkan.
Siapa bilang menulis itu sulit?
Dalam menulis kita hanya harus meluangkan sedikit waktu untuk menggoreskan pena dalam keseharian kita untuk dapat menghasilkan karya yang berguna dan baik untuk dibaca dan dikonsumsi masyarakat.
luangkanlah waktu kita untuk menulis, insya Allah barokah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Komunitas Santri Robithatul Islam Krejengan